tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi
Yogyakarta atau jogja merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi. Tempat wisata tersebut tidak hanya di pusat kota saja tapi juga tersebar dipelosok-pelosok desa dan pesisir pantai selatan. Jogja memiliki segudang aset wisata budaya yang masih terpelihara baik, ini terbukti dengan banyaknya peninggalan sejarah masa lalu seperti candi-candi dan kerajan mataram.

Selain itu juga, jogja memiliki banyak sekali bangunan sejarah dimasa penjajahan belanda yang mana sampai sekarang masih terawat baik sehingga menjadi bangunan antik yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun manca, khususnya dari belanda yang ingin tahu peninggalan sejarah kakek buyut mereka saat menduduki Indonesia.

Tempat wisata di jogja yang kental dengan budaya dan seni jawanya memang menjadi ciri khas kota yang terkenal dengan kuliner Gudeg-nya, sehingga menjadikan jogja salah satu pusat pendidikan seni tradisional jawa yang sudah terkenal tidak hanya di indonesia bahkan orang luar negeri yang ingin belajar  seni budaya jawa semisal wayang, tari, seni musik gamelan, membatik dan seni budaya jawa lainnya  menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan luar untuk mempelajarinya. Sebagai warga negara Indonesia seharusnya ini merupakan satu kebanggan tersendiri karena banyak sekali seni budaya kita yang sudah diakui oleh bangsa lain dan kitapun wajib menjaga dan melestarikan seni budaya tersebut. Berikut beberapa tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi :

Wisata canti di jogja
1. Candi Borobudur
Candi Borobudur
Wisata candi di jogja salah satunya Candi Borobudur yang berlokasi di Magelang, merupakan Monumen buddha terbesar dan termegah di dunia yang di bangun pada abad 8 hingga  abad 9 pada masa pemerintahan wangsa syailendra, ini adalah salah satu warisan budaya dunia yang sudah diakui oleh UNESCO. Lukisan di dinding candi borobudur merupakan sebuah galery mahakarya para pemahat batu. Inilah kekayaan bangsa indonesia yang wajib kita jaga dan kita lestarikan sebagai simbol keberadaban bangsa.

Candi Borobudur Berlokasi sekitar 40 KM dari Yogyakarta merupakan candi dengan relief dan patung Buddha terbanyak di duni, candi ini juga masih dikunjungi biksu yang berziarah dengan monumen model dari alam semesta yang merupakan tempat suci.

2. Candi Prambanan
Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia dengan 3 candi utama. Candi terbesar bernama Candi Siwa berketinggian 47 meter yang terletak diantara 2 candi besar lainnya yaitu Candi Brahma di seblah kirinya dan Candi Wishnu di sebelah kanan. Di dalam Candi Siwa terdapat patung Roro Jonggrang. Selain itu, Candi Prambanan juga dihiasi relief yang diukir mengelilingi candi dan menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana sehingga pada tahun 1991 candi prambanan ditetapkan salah satu situs warisan dunia UNESCO yang dimiliki oleh Indonesia.
Candi Prambanan berlokasi sektiar 17 KM dari psuat kota Yogyakarta merupakan salah satu Tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi karena merupakan kompleks candi Hindu yang terbesar di Indonesia.

Wisata pantai
3. Pantai parangtritis
Pantai parangtritis
Sejarah Pantai parangtritis yang sudah sangat melegenda ini terletak di Desa Kretek, Bantul. Berjarak sekitar 25 kilometer dari kota Jogjakarta dan dapat ditempuh selama 30 menit saja. Meskipun tak secantik pantai di daerah Gunungkidul, namun pantai Parangtritis selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Keunikan di pantai ini adalah adanya gunung-gunung pasir atau biasa disebut gumuk di sekitar area pantai. Di pantai Parangtritis ini ada semacam mitos yang melarang kita menggunakan pakaian berwarna hijau, percaya atau tidak juga terserah anda.

4. Pantai Gunungkidul
Pantai Gunungkidul
Salah satu wisato jogja yang Gunung kidul memiliki jejeran pantai yang tak kalah indahnya dengan pantai yang ada di tempat lain. Sebut saja Pantai Indrayanti, Pantai Sundak, Pantai Ngobaran, Pantai Siung, Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Kukup, Pantai Wediombo, Pantai Drini berjejer rapi di pesisir selatan Pulau Jawa. Deretan pantai-pantai ini memiliki keindahan yang sangat mengagumkan. Dengan pasir putih dan air lautnya yang jernih membuat pantai-pantai ini sangat layak untuk dikunjungi. Jarak dari Kota Jogja ke lokasi pantai di Gunungkidul ini sekitar 1 jam perjalanan.

Wisata goa di Jogja
5. Goa jomblang
Goa jomblang
Salah satu Tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi adalah Goa Jomblang. Gunungkidul selain kaya akan wisata pantainya juga kaya akan tempat wisata berupa goa yang memiliki keindahan yang tak kalah menakjubkannya dengan pantai. Goa Jomblang bisa ditempuh selama 1 jam dari Kota Jogja. Goa Jomblang ini merupakan goa berbentuk vertikal sehingga untuk memasukinya harus menggunakan peralatan khusus. Keindahan Goa Jomblang ini akan terlihat saat sinar matahari masuk menyinari goa sehingga menimbulkan pemandangan yang sangat menakjubkan.  

6. Goa pindul
Goa pindul

 Lain Goa Jomblang lain pula Goa Pindul. Kalau Goa Jomblang berbentuk vertikal, Goa Pindul yang juga berada di kabupaten Gunungkidul ini berbentuk horizontal. Untuk memasuki goa sepanjang 350 meter ini, pengunjung harus menggunakan ban dan jaket pelampung dengan menyusuri sungai bawah tanah yang berada di dalam goa. Stalaktit dan stalaknit di dalam goa ini masih aktif yang artinya masih bisa bertambah panjang. 


Wisata alam di jogja
7. Gunung Merapi
Gunung Merapi
Gunung Merapi merupakan salah satu gunung yang paling terkenal di Yogyakarta, salah satu lokasi favorit para traveler yang hobi mendaki gunung dan menikmati keindahan matahari terbit di puncaknya.







8. Gunung api purba nglanggeran
Gunung api purba nglanggeran
Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran Merupakan salah satu ekowisata di daerah istimewa jogjaykarta yang terletak di desa nglanggeran, kecamatan patuk gunung kidul, menurut penelitian sekitar 60 juta tahun yang lalu Gunung Api Purba Nglanggeran  adalah gunung berapi aktif. Tersedia juga wahana flying fox yang bisa anda coba untuk menjajal nyali anda.
Gunung ini memiliki keunikan tersendiri. Ada beberapa bebatuan besar yang menurut cerita warga sekitar digunakan untuk tempat pertapaan warga. "Kamiyo Yatnorejo, warga sekitar yang juga menjadi pengelola wisata Gunung Api Purba Nglanggeran mengatakan, menurut kepercayaan, Gunung api purba Nglanggeran dijaga oleh Kyai Ongko Wijoyo serta tokoh pewayangan Punokawan. Setiap orang yang datang akan diberi berkah tersendiri dan segala permintaan mereka akan terkabul". Wah jadi makin penasaran aja nih.

9. Arung jeram citra elo
Arung jeram citra elo
Arung Jeram Citra Elo adalah salah satu arung jeram yang ada di Yogyakarta. Arung Jeram Citra Elo adalah arung jeram yang paling cocok untuk keluarga atau pemula karena arusnya yang tidak berbahaya bila dibandingkan dengan sungai lain di sekitar Yogyakarta. Selain itu Arung Jeram Citra Elo juga dapat dimainkan kapan saja, tidak seperti sungai lain di Yogyakarta yang kebanyakan hanya dapat diarungi pada saat musim hujan saja.

10. Air Terjun Sri Gethuk gunung kidul, jogja
Air Terjun Sri Gethuk gunung kidul, jogja
Inilah salah satu air terjun tercantik di Yogyakarta. Air Terjun Sri Gethuk terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Air terjun ini juga disebut Air Terjun Slempret atau Sompret. Untuk menuju lokasi air terjun, pengunjung harus menggunakan rakit yang dibuat dari susunan drum bekas. Bentuknya yang unik berundak-undak membuat air terjun Sri Gethuk ini begitu eksotis. Dari Kota Jogjakarta, air terjun ini bisa ditempuh selama 1,5 jam perjalanan.

Wisata sejarah dan budaya
11.  Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta
Merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Letaknya berada pusat Kota Yogyakarta. Sebagian dari komplek keraton ini adalah museum yang menyimpan barang-barang bersejarah dan antik dari jaman Sultan Hamengku Buwono pertama serta barang-barang pemberian raja-raja Eropa. Pada hari libur banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang mengunjungi keraton Yogyakarta ini.

12. Makam Imogiri Yogyakarta
Makam Imogiri Yogyakarta
Makam Imogiri Yogyakarta Terletak 20 kilometer sebelah tenggara kota Yogyakarta, merupakan komplek makam raja-raja dari kesultanan Yogyakarta dan surakarta.



13. Malioboro Yogyakarta
Malioboro Yogyakarta
Sebuah kawasan di kota Jogjakarta yang sudah sangat terkenal di kalangan traveler. Malioboro terkenal akan pedagang kaki lima yang menjajakan soevenir khas Yogya dan warung lesehan di malam hari serta musisi jalanan yang tak jemu-jemu menghibur pengunjung warung-warung lesehan. Selain musisi jalanan, di Malioboro juga dijadikan tempat berkumpulnya para seniman seperti seni lukis, pantomim dan lain-lain.

14. Alun - Alun Kidul Yogyakarta
Alun - Alun Kidul Yogyakarta
Ada mitos masyarakat lokal khususnya jogja bahwa barang siapa yang melewati tengah dari pohon beringin kembar di alun - alun kidul jogja ini dengan mata tertutup pasti semua keinginannya akan cepat tercapai. Dan dari sekian banyak wisatawan yang mencobanya jarang ada yang bisa berhasil dan melewatinya. Banyaknya pengunjung yang datang ke alun - alun kidul selain ingin membuktikan kebenaran mitos tersebut, Juga karena tempat ini memang sangat indah untuk dinikmati apa lagi bila di malam hari. Disini anda bisa berjalan - jalan berkeliling menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga anda atau kalau ingin berkeliling lebih jauh anda bisa juga menyewa sepeda gowes yang banyak tersedia di sekitar alun - alun kidul jogja ini.

15.  Taman Sari Jogja
Taman Sari Jogja
Istana Air Taman Sari jogja atau lebih dikenal Taman Sari Jogja adalah sebuah tempat rekreasi dan meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta pada jaman dahulu. Selain itu, Istana Air Taman Sari juga berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap musuh yang menyerang. Saat ini, Istana Air Taman Sari adalah salah satu Tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi karena keunikannya. Udara di sekitar Istana Air Taman Sari juga sejuk karena terdapat banyak kolam buatan disertai dengan kebun bunga yang berbau harum.

16. Taman Pintar Jogja
Taman Pintar Jogja
Taman Pintar Jogja adalah wahana wisata yang terdapat di pusat Kota Yogyakarta, di kawasan Benteng Vredeburg. Taman ini memadukan tempat wisata rekreasi maupun edukasi dalam satu lokasi. Taman Pintar memiliki arena bermain sekaligus sarana edukasi yang terbagi dalam beberapa zona.

17. Monumen Jogja Kembali
Monumen Jogja Kembali
Monumen Jogja Kembali ini didirikan untuk mengenang peristiwa bersejarah yaitu bebasnya Yogyakarta dari pendudukan Belanda tahun 1949. Terletak di Sariharjo, Ngaglik Sleman 7 km dari Tugu Yogyakarta.
Sebenarnya masih banyak lagi Tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi yang tidak saya sebutkan diatas. Bagi sayaYogyakarta adalah kota pariwisata, sejarah dan budaya.

========================================================
bagi anda yang memiliki keinginan untuk berkunjung ke tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi kami menawarkan paket wisata murah dengan potongan harga yang menarik, monggo silahkan hubungi kami di:

Harmoni rent car TOUR & TRAVEL | Solusi kenyamanan perjalanan anda | sewa mobil avanza, Innova, ELF, Mikro Bus, Big bus, dll | info & pemesanan Telp/SMS 08977855028 WA 081267275773.


INCOMING SEARCH TERMS:
tempat wisata di jogja yang wajib dikunnjungi,tempat wisata jogja, wisata di jogja, tempat wisata di jogja, wisata jogja, penginapan murah di jogja, paket tour murah, liburan murah, hotel di jogja, hotel dekat malioboro, paket liburan murah, wisata yogyakarta, tempat wisata di yogyakarta, penginapan di jogja, hotel di malioboro, tempat wisata yogyakarta, paket liburan, rental mobil jogja murah, rental mobil di jogja, sewa mobil jogja, rental mobil, sewa mobil di jogja, mobil jogja, rental mobil yogyakarta, wisata kuliner jogja, kuliner indonesia, losmen murah di jogja, hotel jogja, hotel murah jogja
Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

1 komentar:

 
Top