Menjelajah tiap-tiap kawasan wisata yang menjadi pesona dan icon suatu wilayah tentulah benar-benar menyenangkan. Dengan semakin banyaknya tiket promo pesawat terbang yang ditawarkan oleh berbagai maskapai penerbangan, semua itu tidak lagi sekadar impian bagi para Backpacker.

Iya backpacker, istilah yang umum digunakan bagi para pelancong yang hanya memiliki dana pas-pasan. Backpacker sendiri dapat dilakukan baik secara perorangan maupun dengan rekan sebagai teman perjalanan. Untuk istilah ini, tidak ada batasan usia, tua muda semua bisa.

Jangan salah, masih banyak daerah wisata di Indonesia yang perlu dijelajah, bahkan teramat sayang bila dilewatkan. Sebut saja misalnya, bila hendak menyelami keindahan terumbu karang maka bunaken dan Raja Ampat bisa menjadi tujuan, atau jika hendak menikmati sejuknya pegunungan, Dieng ataupun Malang bisa jadi alternative pilihan. Tentunya masih banyak lagi kawasan wisata di Indonesia yang bisa dijadikan tujuan backpacker. Kelak, dipastikan, ada banyak hal baru yang pastinya akan ditemukan, dirasakan bahkan bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Namun, yang perlu diingat bahwa menjadi seorang backpacker pun harus punya persiapan yang matang. Berikut ini tips yang bisa dicoba tatkala ingin melakukan backpacker untuk pertama kalinya.

1. Mencari tiket perjalanan yang murah dan terjangkau.
Hal ini penting, terlebih bila kita hendak melakukan perjalanan ke daerah yang cukup jauh. Jangan khawatir, saat ini banyak maskapai penerbangan yang menawarkan tiket promo dengan harga bersahabat.

2. Carilah informasi sebanyak mungkin.
Baik melalui buku, majalah wisata dan internet tujuan wisata yang hendak kita tuju beserta penginapan yang akan digunakan. Saat ini banyak homestay yang ditawarhkan dengan harga miring dan layak digunakan untuk tempat beristirahat.

3. Mempersiapkan itenary.
Hal ini setidaknya dimaksudkan agar kita bisa disiplin dalam menggunakan waktu perjalanan.

4. Membawa barang bawaan secukupnya.
Yang perlu diingat, bawalah barang-barang yang benar-benar menjadi kebutuhan, jangan berlebihan, hal itu justru akan merepotkan kita selama melakukan perjalanan.Tas Ransel besar cukup menjadi pilihan.

5. Saat ini penipuan banyak terjadi dimana-mana, untuk itu, perlu kiranya kita lebih sedikit waspada.
Selama melakukan perjalanan, jangan membawa barang-barang berharga, kalopun keluar negeri, simpanlah dengan baik paspor ataupun visa ditempat yang aman. Membawa uangpun, cukup seperlunya saja. Ingat kata bang Napi, “Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat dari pelakunya, tetapi juga kesempatan, maka dari itu Waspadalah!”

6. Tips khusus buat backpacker perempuan, saat melakukan perjalanan, usahakan jangan memakai perhiasan berlebihan.
Kenakan pakaian yang fleksibel seperti kaos dan celana yang tidak ketat. Disamping mudah bergerak, disisi lain meminimalir tingkat kejahatan.


Itu sedikit tips, semoga bisa dibermanfaat dan selamat melakukan perjalanan yang menyenangkan.[keepo.me]

0 komentar:

Post a Comment

 
Top