surga tersembunyi jogja
Dengan luas 3.185,82 Km tentunya Jogjakarta memiliki tempat wisata yang melimpah yang bisa anda temui di sini, di Kota yang juga mendapat predikat sebagai kota pendidikan ini, banyak menyimpan potensi wisata alam yang sangat mempesona. Wisata pantai nan elok di sepanjang pantai selatan Gunungkidul, Bantul serta Kulon Progo, hingga wisata pegunungan di sepanjang utara Kulon Progo dan Sleman. Hal ini tentunya semakin melengkapi berbagai daya tarik wisata yang dimiliki Jogja. Jogja tidak hanya Malioboro, Kraton Yogyakarta, Candi Prambanan dan candi Borobudur.

Namun , jika digali lebih lanjut, sebenarnya masih banyak potensi wisata di Yogyakarta dan sekitarnya yang menarik tapi belum terlalu diketahui orang. Mana aja sih surga tersembunyi yang ada di jogja, berikut ini saya akan membahas 16 surga tersembunyi di Jogja yang layak jadi destinasi wisatamu

1. Desa Wisata Kalibiru Jogja
kalibiru
Menunggu senja datang dari atas pohon pinus di hijaunya pegunungan Menoreh sambil memandang telaga di kejauhan. Udara segar dan suasana tenang menjadi pelepas ketegangan pikiran.

Kalibiru adalah nama sebuah desa sekaligus hutan wisata yang terletak di kecamatan Kokap, Kulonprogo. Karena kepedulian warga dalam menjaga salah satu sumber penghidupan mereka, Kalibiru menjadi lokasi ekowisata menarik yang terpelihara dengan baik.

Di tempat ini, kamu bisa menikmati trekking dengan latar pepohonan hijau. Untuk menyambangi Kalibiru, kamu hanya dikenai tarif 3 ribu rupiah saja. Ada tempat yang asyik buat berfoto di sini, yaitu sebuah platform kecil dari kayu yang terletak di atas pohon pinus. Untuk naik ke atasnya, kamu mesti mendaki tangga bambu. Dari sini, Waduk Sermo tampak jelas di kejauhan. Tunggulah sampai senja tiba dan memantulkan cahaya keemasan di permukaan waduk.

2. Goa Jomblang Jogja
Goa Jomblang Jogja
Goa Jomblang adalah sebuah goa wisata yang berlokasi di Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa Jomblang merupakan goa vertikal yang mempunyai sebuah hutan purba di dalamnya. Selain itu, apabila anda datang ke Goa Jomblang pada jam 10 sampai dengan jam 12 siang, anda akan dapat melihat cahaya menembus goa yang sering disebut sebagai cahaya surga. Keindahan dan keunikan Goa Jomblang membuatnya menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi.

3. Cave Tubing Kalisuci Gunung Kidul
Mengarungi sungai bawah tanah menggunakan ban pelampung menjanjikan sensasi tersendiri. Petualangan sesungguhnya dimulai saat aliran sungai memasuki relung gua yang gulita. Siapkan diri Anda untuk petualangan eksotik yang tak kan pernah terlupa.

Bila Anda adalah pehobi berpetualang dengan alam, Cave Tubing Kalisuci bisa menjadi pilihan liburan Anda di Yogyakarta. Cave Tubing Kalisuci sendiri terletak di Jetis, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul. Lokasi ini bila Anda akses dari Kota Yogyakarta berjerak sekitar 40 km atau sekitar 10 km dari Kota Wonosari.

Cave Tubing sendiri merupakan perpaduan antara arung jeram (rafting) dengan susur gua (caving) dimana dua aktivitas tersebut sebenarnya terpisah. Lantaran lokasi Gua Kalisuci ini memiliki arus air yang deras dan sungai terletak didalam gua, maka cocoklah bila aktivitas dialam bebas ini menjadi sebuah tantangan yang memukau bagi para pecinta petualangan alam.

4. Snorkeling di Jogja, Pantai Nglambor
Pantai Nglambor yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul adalah tempat Snorkeling di Jogja yang paling terkenal jika dibandingkan dengan tempat lainnya. Berjarak kurang lebih 70 km dari pusat kota Jogja, pantai ini menawarkan panorama pantai yang indah. Terdapat dua batu karang besar yang menyerupai kura-kura persis di depan teluknya.

Air lautnya yang jernih menjadikan pengunjung bisa dengan leluasa melihat karang, rumput laut, ikan dengan berbagai warna berkejaran, dan aneka biota penghuni laut lainnya dari permukaan air. Para pengunjung pun bisa melakukan snorkeling dan berenang di pantai ini tanpa harus khawatir tergulung ombak besar karena memang lokasinya pantainya yang berada di teluk. Wajar jika tidak hanya wisatawan lokal yang datang, melainkan turis luar negeri seperti dari Belanda, Perancis dan Singapura.

5. Pantai Pok Tunggal
pantai pok tunggal
Gunung Kidul terkenal dengan sejumlah pantainya yang berpasir putih. Tapi, ada sebuah pantai yang unik karena tersembunyi di antara tebing-tebing karang yang terjal. Pok Tunggal, namanya.

Untuk sampai ke Pantai Pok Tunggal, kamu bisa menggunakan kendaraan atau trekking dari sisi timur Pantai Indrayanti. Di sini, terdapat sebuah pohon Duras yang menjadi ikon pantai ini. Nama Pok Tunggal pun berasal dari keberadaan Pohon Duras yang jadi vegetasi satu-satunya di sini. Pohon Duras tersebut hanya memiliki satu dasar pohon (pok), sehingga membuat penduduk sekitar menamai pantai yang ada di dekatnya dengan Pok Tunggal.

Beberapa tahun lalu, Pantai Pok Tunggal masih sangat sepi. Hampir tidak ada wisatawan yang datang ke sini. Namun kini, Pok Tunggal sudah mulai dikenal. Kalau ingin merasa pantai ini seperti pantai pribadi, jangan berkunjung ke sini saat akhir pekan — melainkan datanglah di hari kerja. Oh iya, jangan juga asal memanjat Pohon Duras yang jadi ikon pantai ini, ya. Pohon ini amat berharga maknanya bagi penduduk sekitar.

6. Pantai Timang Gunung Kidul
Satu lagi pantai di Gunung Kidul yang wajib kamu sambangi karena keunikannya. Sekilas, Pantai Timang serupa dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya. Yang menarik, di atas tebing ada gondola tradisional yang dikaitkan tali dengan pancang kayu yang dipasang di sela-sela karang. Gondola ini digunakan nelayan untuk berburu lobster yang ada di pulau karang bernama Pulau Panjang di seberang pantai.

Kamu pun bisa mencoba menaiki gondola kayu ini menyeberangi ganasnya ombak di bawahnya sambil menantang maut. Setelah sampai di atas karang, kamu bisa melihat kumpulan nelayan lobster yang sedang sibuk dengan jalanya masing-masing.

Tapi jangan khawatir dengan keamanan gondola ini. Pihak pengelola rutin melakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan kelayakan gondola. Jika kamu berniat menjajal sensasi gondola tradisional Pantai Timang, kamu pun wajib konfirmasi dulu pada pihak pengelola minimal 1 hari sebelumnya. Nah, gimana, berani?

7. Air Terjun Sri Gethuk
Air terjun Sri Gethuk atau yang sering disebut air terjun Slempret terletak di Dusun Menggoran Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunung Kidul,Yogyakarta. Pemandangan di sekitar air terjun ini sangatlah indah karena adanya air terjun yang diapit oleh tebing yang sangat tinggi dengan ketinggian 50 m.

Untuk menuju wisata air terjun wisatawan dapat berjalan melewati setapak pematang sawah sejauh 450 m dan kemudian menuruni anak tangga 96 anak tangga. Tetapi bagi wisatawan yang tidak ingin keluar keringat ada fasilitas perahu tradisional/gethek untuk menuju wisata air terjun tersebut sambil menyusuri tebing indah slempret

8. Curug Indah / Curug Bayat
Curug Indah / Curug Bayat
Secara administratif Curug Indah Tegalrejo ini terletak di Tegalrejo, ujung timur Gunung Kidul, Yogyakarta. Tapi, masyarakat setempat juga menyebutnya Curug Bayat, karena lokasinya yang berbatasan dengan daerah Bayat, Klaten. Untuk akses menuju ke tempat ini, memang jauh lebih cepat jika kamu melewati Klaten lalu belok ke selatan menuju Bayat. Dari Yogyakarta, kamu bisa sampai ke Curug Indah Tegalrejo dalam jangka waktu 1 jam, dengan menggunakan motor atau mobil.

Curug yang masih relatif minim pengunjung ini terdiri dari beberapa curug yang bertingkat dan dinaungi pepohonan hijau di kanan kirinya. Kalau kamu punya nyali, kamu bisa mencoba terjun dari atas tebing ke curug di bawahnya. Tapi hati-hati, karena curugnya cukup dangkal. Salah-salah kamu malah bisa cidera saat berlibur.

Untuk datang ke curug ini, kamu hanya dipungut biaya parkir yang dikelola oleh warga sekitar. Di Curug Indah Tegalrejo suasana asri khas pedesaan akan terasa sangat kental.Kamu tidak akan sering bertemu sesama turis di sini. Justru warga sekitar dan anak-anak sekolah yang sengaja mampir untuk menyegarkan badan dengan air dari sumber mata air murni lah yang lebih sering kamu jumpai. Damai, tenang, dan tradisional. Begitulah gambaran Curug Indah Tegalrejo.

9. Museum Sisa Hartaku
museum sisa hartaku
Erupsi Merapi pada akhir 2010 lalu masih menyematkan kenangan pilu di benak penduduk Desa Kepuharjo yang terletak di lereng gunung berapi paling aktif ini. Tapi, alih-alih terus meratap, Pak Riyanto mengubah sisa-sisa harta bendanya menjadi sebuah museum mungil yang menarik.

Museum Sisa Hartaku memamerkan benda-benda yang tersisa dari sergapan wedhus gembel yang ditata di puing-puing rumah Pak Riyanto. Meski sederhana, tempat ini sarat makna; ia memamerkan saksi-saksi kedahsyatan semburan awan panas yang panasnya mencapai ribuan derajat. Ada bangkai sapi yang tinggal belulang, bangkai sepeda motor, gamelan yang tampak terbakar, serta sejumlah perkakas lainnya.

10.  Bukit Bintang Jogja
Bukit Bintang Jogja
Bukit Bintang merupakan wisata malam di Yogyakarta, tepatnya di daerah perbukitan pathuk, Gunung kidul. Wisata malam disini dimaksudkan bahwa tempat ini akan terlihat lebih indah saat malam hari. Bukit bintang ini sebenarnya berupa tempat yang luas diatas bukit sehingga kita dapat melihat pemandangan Yogyakarta dari titik yang cukup tinggi. Ketika malam hari lampu-lampu kota Yogyakarta yang menyala menambah keindahan suasana.

Selain untuk melihat keindahan Yogyakarta pada malam hari, lokasi ini juga sering dimanfaatkan oleh para remaja untuk berkumpul menghabiskan malam serta banyak muda mudi yang sedang memadu kasih. Jika anda ingin melihat Kota Yogyakarta dari atas pada malam hari, anda dapat berkunjung ke lokasi ini karena lokasi ini sangat mudah untuk ditemukan karena tepat berada  dipinggir Jalan penghubung anatara Yogyakarta dan Wonosari.

11. Gumuk Pasir Parangkusumo
gumuk pasir Parangkusumo
Meluncur dengan snowboard di Jogja mungkin adalah hal yang mustahil. Tapi, Jogja punya wilayah gumuk pasir satu-satunya di Indonesia yang bisa kamu gunakan untuk olahraga sandboarding. Letaknya di Pantai Parangkusumo, Yogyakarta. Asal kamu tahu, lahan gumuk pasir cuma ada dua di dunia. Satu lagi terdapat di Meksiko.

Di gumuk pasir ini, kamu bisa menjajal serunya menuruni bukit dengan papan luncur. Jangan mengira ini mudah lho. Kamu harus bisa menjaga keseimbangan kalo gak mau tergelincir konyol. Gak usah takut duluan, olahraga ini aman kok dimainkan pemula.

12. Puncak Kosakora
Puncak Kosakora populer sebagai tempat favorit untuk selfie di kalangan anak muda kekinian yang hobi jalan-jalan. Tangga batuan karst yang curam pun harus ditaklukkan untuk mencapai puncaknya yang memiliki panorama pantai menawan dari ketinggian.

Namanya memang terdengar masih asing karena puncak ini masih sepi dikunjungi oleh pengunjung padahal pemandangannya sangat menakjubkan sekali.

Puncak Kosakora terletak di sebelah timur pantai Drini dan untuk menuju ke sana tentunya harus melewati pantai Drini dahulu. Akses menuju ke sana bisa dengan menyusuri pantai Drini dengan berjalan kaki sejauh 2 KM dan itu pun jika kondisi pantai sedang surut.

Jika pantai sedang pasang kamu bisa melalui 2 bukit. Puncak Kosakora sendiri berada di persis di sebelah pantai Ngerumput. Puncak Kosakora sendiri di hiasi dengan hijaunya rumput dan dari atas puncak kamu bisa melihat pemandangan pantai

13. Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan
Jogja sekarang kok rasanya makin panas, ya? Nah, hutan pinus Mangunan ini cocok banget buat kamu yang ingin melarikan diri sejenak dari teriknya matahari Yogyakarta. Terletak di daerah perbukitan di daerah Dlingo, Bantul, hutan ini menawarkan kesejukan serta pemandangan yang jarang kamu temukan di tempat lain. Makanya, tempat ini sering dijadikan lokasi pemotretan atau sekadar hunting foto. Puas berfoto, kamu juga bisa meneruskan perjalanan ke kebun buah Mangunan yang letaknya tak jauh dari sini. 

14. Kali Code Yogyakarta
Bantaran Kali Code
Kawasan Code sempat menjadi daerah kumuh yang tidak layak huni. Namun, atas inisiatif Almarhum Romo Mangun, Code dibangun menjadi kawasan bantaran sungai yang tertata dan layak ditinggali. Bahkan kini setiap tahun digelar Festival Kali Bersih yang jadi pertanda bahwa Code akan tetap terus berbenah sampai kapan pun.

Kalau sudah bosan berputar-putar di destinasi wisata yang itu-itu saja, coba deh susuri aliran Kali Code melewati perkampungan warga yang berada di bantaran sungai. Akses jalan sepanjang Kali Code bisa kamu manfaatkan buat jogging atau wisata susur sungai. Kalau mau melihat wajah lain dari Code, Kampung Wisata Jetisharjo yang berada di Jalan Sarjito bisa jadi tujuan kamu selanjutnya.

Dari kaki Gunung Merapi, Kali Code membelah Yogyakarta sampai bermuara di pantai selatan. Tentu gampang banget menjumpai aliran sungai ini saat kamu berkeliling Jogja. Tapi, gak banyak yang tahu kalau Kali Code kini juga menjadi destinasi wisata alternatif yang cukup menarik.

15. Pasar malam Perayaan Sekaten
Pasar malam Sekaten
Jika kebetulan kamu main ke Jogja saat perayaan Sekaten digelar, datanglah ke alun-alun utara tanpa pikir panjang. Di tempat ini, ada pasar malam Sekaten yang menawarkan suasana pesta rakyat yang meriah. Ada puluhan wahana seru yang bisa kamu coba, mulai dari kora-kora, bianglala, ombak banyu, rumah hantu, sampai melihat para daredevil beruji nyali di tong stand. (mungkin maksudnya tong stunt kali, ya).

Pasar malam ini juga menawarkan aneka jajanan yang bisa mengganjal perutmu yang lapar setelah berputar-putar. Tempat ini juga pas banget buat kamu yang pengen berburu pakaian bekas. Tapi, gak cuma pakaian bekas, yang baru juga banyak, lho. Pokoknya pasar ini lengkap, deh!

16. Sunday Morning UGM
Sunday Morning UGM
Surga wisata belanja di Jogja tak cuma di Pasar Beringharjo. Coba deh bangun pagi di hari Minggu dan sambangi daerah Lembah UGM, tepatnya di sepanjang Jalan Notonagoro, Bulaksumur, Yogyakarta. Kamu akan menemukan pasar tumpah yang cuma buka pada hari Minggu. Pasar dadakan ini terkenal dengan sebutan Sunmor yang merupakan akronim dari Sunday Morning.

Di Sunmor, kamu bisa menemukan ratusan pedagang menggelar dagangannya di pinggir jalan. Barang-barang yang dijajakan mulai dari pakaian, sepatu, tas, aksesoris, pernak-pernik kamar kos, sampai aneka jajanan untuk mengisi perut-perut yang belum sempat sarapan. Jika hari sudah semakin siang, siap-siap aja berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya, karena tempat ini gak pernah sepi.

Sumpah deh, di Sunmor hampir semua barang kebutuhan sehari-hari bisa kamu temui. Cuma jodoh aja yang nggak ada di sini.

Sebenarnya Jogja masih punya banyak tempat wisata yang belum disebutkan di sini; saking kayanya kota ini, daftar yang saya buat ini gak bisa memuat semuanya. Nah, apakah kamu punya rekomendasi tempat asyik lainnya yang gak begitu dikenal wisatawan? Bagiin ke pembaca lainnya melalui kolom komentar, yuk!

INCOMING SEARCH TERMS:
tempat wisata di jogja yang wajib dikunnjungi,tempat wisata jogja, wisata di jogja, tempat wisata di jogja, wisata jogja, penginapan murah di jogja, paket tour murah, liburan murah, hotel di jogja, hotel dekat malioboro, paket liburan murah, wisata yogyakarta, tempat wisata di yogyakarta, penginapan di jogja, hotel di malioboro, tempat wisata yogyakarta, paket liburan, rental mobil jogja murah, rental mobil di jogja, sewa mobil jogja, rental mobil, sewa mobil di jogja, mobil jogja, rental mobil yogyakarta, wisata kuliner jogja, kuliner indonesia, losmen murah di jogja, hotel jogja, hotel murah jogja

0 komentar:

Post a Comment

 
Top