Saat masa libur sekolah, anda bisa manfaatkan untuk mengajak anak berlibur mengunjungi tempat-tempat wisata. Jogja adalah salah satu kota yang memiliki beberapa tempat wisata yang cocok untuk anak-anak. Mungkin bagi anda yang tinggal di daerah Jogja sudah mengetahui beberapa tempat wisata tersebut. Akan tetapi bagi anda yang tinggal di luar jogja dan ingin mengajak putra putri anda berkunjung ke kota gudeg tersebut, mungkin masih bingung tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi. Kami mencoba untuk mengumpulkan tempat rekreasi yang ramah untuk anak dan keluarga di Yogyakarta, berikut ulasan tempat wisata anak di jogja yang bisa anda kunjungi:

1. Taman Pintar
Taman Pintar
Obyek wisata yang pertama ini merupakan sebuah taman edukasi sehingga cocok untuk putra-putri anda. Konsepnya sangat bagus serta memiliki beberapa wahana yang menarik. Wahana-wahana tersebut memiliki nama yang unik sehingga bisa meningkatkan rasa ingin tau si anak. Sebut saja seperti parabola berbisik, pipa bercerita, dinding berdendang, air menari, desaku permai, tapak pintar, cakram spektrum warna dan lain sebagainya.

Taman Pintar juga memiliki wahana-wahana menarik lainya seperti kolam air, jembatan goyang, isatana pasir dan rumah pohon. Para pengunjung bisa belajar sekaligus merasakan fenomena sains yang ada. Faslitias yang dimiliki Taman Pintar di Jogja ini juga sangat lengkap seperti gedung oval untuk memutar film 3D, playground untuk paud, ruang tunggu, tuang profesi, ruang komputer kids, ruang pertunjukan dan karaoke,perpustakaan dan lainya. Lokasinya berada di jalan panembahan senopoti no 1-3 atau dari perempatan alun-alun utara tinggal ke timur 150 meter

2. kids fun
kids fun
Tempat wisata anak di jogja yang kedua adalah kids fun. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa wisata ini memang dikhususkan untuk anak-anak. Berbagai jenis permainan yang ada di kids fun ini diantaranya jet rider, harley davidson, dune bug, gran canyon, ferrari cars, star trex, jum & fun, santa fe express, vespa ciao, adventure mini golf, go kart, dan Gnome land. Di kids fun ini juga ada Amsterdam cafe yang menyuguhkan beberapa masakan belanda seperti poffertjess dan waffle. Tak hanya itu ada juga saloon cafe dengan menu masakan eropa dan adventure cafe dengan menu masakan indonesia. Alamat tempat wisata anak di jogja ini berada di jalan wonosari km 10 Yogyakarta.

3. Kraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta
Sebenaranya ini bukan hanya tempat wisata anak melainkan umum. Akan tetapi karena bisa digunakan untuk sarana edukasi jadi juga cocok untuk anak-anak. Kraton Yogyakarta sampai saat ini sebenarnya masih digunakan, akan tetapi anda bisa berkunjung kesana untuk melihat aktivitas di dalam kraton. Tak ayal ketika anda berkunjung kesini akan bertemu dengan turis-turis asing. Disini para wisatawan bisa belajar secara langsung tentang budaya jawa. Kraton yogyakarta sendiri dibuka untuk obyek wisata dengan dua loket masuk yakni tepas keprajuritan dan tepas pariwisata. Jika anda masuk di tepas keprajuritan yang berada di dekat alun-alun utara akan melihat beberapa koleksi kereta kraton. Sedangkan untuk tepas pariwisata para wisatawan akan memasuki kompleks sri manganti dan kedhaton. Lokasinya tak jauh dari taman pintar yakni tepat berada di sebelah selatan alun-alun utara Yogyakarta.

4. Kebun Binatang Gembira Loka
kebun binatang Gembira Loka
Tempat wisata di Jogja ini adalah kebun binatang terbesar di pulau Jawa dengan koleksi hewan lengkap. Selain menawarkan kelengkapan koleksi satwa, di sini juga dilengkapi berbagai fasilitas rekreasi yang lengkap dan wahana bermain yang beragam.Di sini kita bisa mengenalkan berbagai jenis satwa kepada anak-anak sekaligus melakukan permainan-permainan yang bisa mengasah kemampuan baik kecerdasan maupun motorik mereka.

Anda juga bisa mengajak anak anak naik Gajah atau Unta yang memang sudah disediakan oleh pengelola. Walau berjalan cukup jauh untuk mengelilingi Kebun Binatang ini, tetapi bagi anak anak tentu ini sangat menarik. Setelah anda lelah berjalan, maka anda bisa beristirahat di taman yang sudah disediakan. Ada ayunan, jungkat jungkit, dan roda putar. Taman yang teduh membuat anda betah beristirahat di tempat itu. Atau ajak anak anak untuk memasuki gua gua buatan yang berbentuk binatang. Pasti mengasyikkan

5. Museum Anak Kolong Tangga
Museum Anak Kolong Tangga
Perkembangan teknologi memang memberikan efek positif dan negatif. Efek positifnya adalah semakin memudah berbagai aktivitas, sedangkan efek negatifnya adalah membuat sebagian orang lupa tentang budanya sendiri. Kita bisa lihat anak-anak jaman sekarang, sebagian besar sudah lupa dengan berbagai jenis permainan tradisional. Hal ini tak lepas dari berkembangnya teknologi. Jika anak-anak jaman dulu sering bermain permainan tradisional, maka sekarang sudah tergerus dengan playstastion, game online dan lainya. Nah di jogja ada sebuah museum untuk memperkenalkan putra-putri anda dengan permainan tradisional. Meseum yang satu ini memang dikhusukan untuk anak-anak dengan sekitar 900 macam mainan anak tradisional. Lokasi museum anak kolong tangga ini di jalan sriwerdani no 1 purwokinanti pakualaman yogyakarta.

6. Kusuma Edupark
Kusuma Edupark
Kusuma Edupark yang terletak di Jl. Jambon Mlati Sleman ini merupakan salah satu tempat wisata anak di jogja terbaru. Menurut saya objek wisata ini cukup menarik karena anak-anak bisa rekreasi sambil beraktifitas disini. Ada banyak wahana-wahana yang menantang adrenalin si kecil.

Selain bisa dinikmati oleh anak-anak, objek wisata Kusuma Edupark juga memiliki wahana yang bisa dimanfaatkan oleh orang dewasa. Tempat parkir luas adalah salah satu kelebihan objek wisata ini.

7. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark
Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark
Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark merupakan tempat wisata anak di jogja terbaru yang  desain pembangunan terinspirasi dari waterpark yang ada di Bali dan Orlando dengan tema bajak laut. Dengan banyaknya pilihan wahana permaian pastinya anda bersama anak akan tidak cepat bosan selain bermain air disini juga wisata adventure dengan menjelahai 19 wahana permainan yang ada.  Tentunya tidak usah jauh jauh untuk merasakan sensasi  wahana air kelas dunia cukup berkujung ke Jogjakarta

Wahana permainan yang diunggulkan adalah “ How To Survive In Tsunami Dan Earthquake “ sebagai edukasi untuk masyarakat agar tidak panik ketika terjadi gempa dan tsunami. Nantinya akan ada delapan ombak besar yang mirip dengan ombak tsunami dan bagaimana caranya untuk menghadapinya. Tentunya kita akan semakin penasaran bukan belajar untuk survive ketika terjadi tsunami.

8. Museum Dirgantara
8. Museum Dirgantara
Tempat wisata anak dan keluarga di jogja selanjutnya yaitu Museum Dirgantara, merupakan sebuah museum yang berisi kerangka pesawat terbang yang di pakai ketika perang jaman dahulu dan perang dunia ke II. museum ini merupakan museum gagasan dari TNI AU yang betujuan untuk mengabadikan momen bersejarah dalam lingkup angkatan udara. di museum ini terdapat berbagai macam koleksi pesawat terbang, Dianataranya Pesawat Ki-43 buatan Jepang, Pesawat PBY-5A (Catalina), Replika pesawat WEL-I RI-X (pesawat pertama hasil produksi Indonesia), Pesawat A6M5 Zero Sen buatan Jepang

Selain itu juga terdapat foto-foto sejarah dan miniatur yang berhubungan dengan angkatan udara. harga tiket masuk museum dirgantara juga tidak mahal kok, hanya dengan Rp. 3.000 sudah bisa masuk kedalam museum ini. alamat museum dirantara di Komplek Pangkalan TNI AU Lanud Adisutjipto, Yogyakarta. Jam kunjungan: Senin – Minggu 08.30 – 15.00.

9. Museum Monumen Yogya Kembali
Museum Monumen Yogya Kembali
Tempat rekreasi anak di jogja selanjutnya yaitu Museum Monumen Yogya Kembali. Adalah sebuah tempat wisata yang bertemakan sejarah. Di museum ini terdapat benda sejarah peninggalan pada jaman perjuangan bangsa indonesia melawan penjajah. tempat wisata ini sangat cocok bagi anak karena akan menambah wawasan anak tentang sejarang bangsa dan akan membentuk nasionalisme bagi anak. untuk harga tiket masuk Museum Monumen Yogya kembali adalah Rp. 7.500 . untuk sekedar tambahan bahwa museum jogja kembali buka pada hari selasa – minggu pukul 08.00 – 16.00. museum ini beralamat di Dusun Jongkang, Sariharjo, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284

Sebenarnya, wisata anak dan keluarga masih banyak lagi di Yogyakarta termasuk dengan memanfaatkan wisata museum maupun wisata pantai yang jumlahnya sangat banyak di Yogyakarta. Tetapi untuk wisata berkonsep edukatif maka sembilan wisata yang kami ulas diatas bisa menjadi alternatif Anda saat berkunjung ke Yogyakarta terutama juga karena letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota Yogyakarta.

INCOMING SEARCH TERMS:

tempat wisata jogja malam hari, tempat wisata jogja murah, tempat wisata jogja murah meriah, tempat wisata jogja yang wajib dikunjungi, tempat wisata jogja dan sekitarnya, tempat wisata jogja dan jawa tengah, tempat wisata anak di jogja terbaru, taman pintar jogja, wisata jogja , tempat wisata di jogja, tempat wisata jogja, wisata di jogja, liburan murah, kaliurang, objek wisata di jogja, tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi, paket wisata jogja, wisata kaliurang, pariwisata jogja, wisata jogja murah, wisata jogja dan sekitarnya, liburan ke jogja, objek wisata jogja, tour jogja, travel jogja, paket tour jogja, wisata ke jogja, wisata jogja terbaru, tempat rekreasi di jogja, wisata kuliner jogja, wisata alam jogja, liburan jogja, obyek wisata jogja, liburan di jogja, paket wisata jogja murah, tempat wisata di jogja terbaru, jogja tour, wisata kota jogja, tempat wisata di jogja dan sekitarnya, tempat liburan di jogja, tempat wisata alam di jogja, jogja wisata, daftar tempat wisata di jogja, tempat wisata kuliner di jogja, tempat wisata murah, paket liburan ke jogja, travel ke jogja, tujuan wisata jogja, tempat tempat wisata di jogja, tempat wisata jogja dan sekitarnya, wisata murah jogja, tempat liburan murah, tempat liburan anak, tempat pariwisata di jogja, wisata anak di jogja, pariwisata di jogja, tempat wisata anak, wisata anak, tempat wisata kaliurang, tempat wisata d jogja, tempat rekreasi jogja, liburan keluarga, wisata di jogja dan sekitarnya, tempat wisata jogja yang wajib dikunjungi, wisata alam di jogja, lokasi wisata jogja, paket tour jogja murah, tour jogja murah, tempat wisata pantai di jogja, lokasi wisata di jogja, tujuan wisata di jogja, info wisata jogja, paket wisata ke jogja, destinasi wisata jogja, tempat wisata di jogja dekat malioboro, tempat wisata jogja murah, tempat wisata murah di jogja, daftar wisata di jogja, wisata anak jogja, wisata di kaliurang, tempat menarik di jogja, objek wisata di jogja dan sekitarnya, daftar tempat wisata jogja, obyek wisata kaliurang, travel di jogja, liburan ke yogya, paket liburan jogja, tempat wisata di kaliurang, tour ke jogja, tempat pariwisata jogja, paket liburan murah ke jogja,tempat wisata di jogja dan alamatnya, tempat rekreasi anak, rekreasi jogja, wisata Jogjakarta, wisata Yogyakarta, wisata keluarga, wisata di kota jogja, tempat wisata menarik di jogja, daerah wisata jogja, liburan anak murah, paket tour ke jogja, tempat wisata di kota jogja, paket wisata Yogyakarta, wisata sekitar jogja, objek wisata kaliurang, tempat wisata di Jogjakarta, tempat2 wisata di jogja.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top