Berwisata ke Yogyakarta rasanya nggak seru kalau nggak belanja baju atau kain batik. Kenapa ? Sebab, “batik” dan “Yogyakarta” seperti dua sisi pada satu koin. Para wisatawan biasanya belanja batik Yogya untuk oleh-oleh, koleksi ataupun dipakai sendiri. Mulai dari baju batik, tas batik, hingga ke souvenir yang dibatik bisa Anda temui di kota ini. Selain kain dan baju batik, ada juga tas batik, souvenir dengan ornamen batik dan lain-lain.

Mencari tempat belanja batik di Yogyakarta tidak sulit, karena tersebar di berbagai penjuru kota. Tapi buat wisatawan yang baru pertama kali ke Jogja mungkin masih bingung mau belanja batik dimana. Nah, bagi Anda yang masih bingung, berikut adalah 22 tempat belanja batik murah di Yogyakarta.

1.  Pasar Beringharjo

Pasar ini sudah ada ratusan tahun silam. Letaknya berada di jalan Malioboro bagian selatan. Popularitasnya menjadikan pasar ini sebagai salah satu ikon bagi kota Jogja. Saat ini beragam produk bisa ditemukan, salah satunya adalah produk batik. Lokasinya yang strategis sangat mudah dijangkau dengan beragam kendaraan umum maupun pribadi.

Anda bisa memborong batik asli Jogja, Solo maupun batik Pekalongan. Model, warna, ukuran dan harganya sangat bervariatif. Kalau pandai menawar, Anda bisa mendapatkan harga terbaik. Apalagi kalau beli dalam jumlah partai besar. Harganya sangat miring, jadi semua orang terdekat bisa mendapatkan buah tangan menawan ini.

Pasar Beringharjo selalu sesak dipenuhi pengunjung. Apalagi kalau akhir pekan dan liburan sekolah. Anda akan berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya. Jadi pastikan barang bawaan dan barang berharga terlindung dari ulah nakal pencopet. Sebelum menawar, sebaiknya survey beberapa tempat dulu. Agar bisa memperoleh produk dan harga terbaik.

2. Mirota Batik

Lokasi toko ini berada di depan Pasar Beringharjo. Mengunjungi Mirota Batik, Anda tidak hanya bisa membeli produk batik saja. Karena produk lainnya juga tersedia, seperti gelang, gantungan kunci, kaos, dompet, tas, sendal, topi, lukisan, hiasan dinding dan sebagainya. Bisa dikatakan varian produknya sangat komplit. Bahkan Anda bisa membeli aneka minuman tradisional dan bakpia.

Kalau ingin berburu produk batik bisa mendapatkannya di lantai pertama. Sedangkan di lantai kedua, bisa membeli aneka souvenir, mainan anak, aksesoris dan lain sebagainya. Berbeda dengan Pasar Beringharjo yang menghadirkan banyak penjual dan harga yang bisa ditawar, di Toko Mirota Batik semua barang yang ditawarkan merupakan harga pas. Jadi pengunjung tidak bisa menawarnya lagi.

3. Sepanjang Jalan Malioboro

Selain berbelanja batik di Pasar Beringharjo, Anda juga bisa memburunya di sepanjang Jalan Malioboro. Kawasan ini merupakan jalan terpopuler di Jogja. Jalan ini tak pernah sepi dengan kesibukan warga setempat dan wisatawan domestik serta turis asing. Anda bisa memilih dua kategori tempat belanja batik di Malioboro. Bisa belanja di toko batik atau di emperan toko.

Produk, merek, harga dan kualitas bisa saja berbeda. Secara umum, harga produk batik di emperan toko lebih murah, dibandingkan yang dijajakan di toko. Kalau ke Jogja  pas saat toko batik tertentu menggelar diskon besar, tentunya menjadi keberuntungan bagi wisatawan. Karena bisa mendapatkan produk terbaik dengan harga yang miring. Sejumlah tempat belanja batik ternama di Malioboro, seperti Batik Danarhadi, Batik Keris dan sebagainya.

Kalau lebih memilih produk batik di emperan toko, Anda bisa membeli beragam model, motif dan ukuran yang beragam. Harga yang sangat terjangkau, Anda bisa memborong dalam jumlah banyak. Semakin pandai dalam menawar, harganya bisa semakin murah. Berbeda dengan yang ditawarkan di toko batik, dengan banderol harga yang tidak bisa ditawar.

4. Kampung Batik Ngasem

Beberapa sentra batik yang ada di Yogyakarta berada di Ngasem yaitu sebuah daerah tak jauh dari Malioboro dan Keraton Yogyakarta. Biasanya abang-abang becak yang ada di sekitar Malioboro akan senang hati mengantarkan Anda menuju toko-toko yang ada di sekitar Ngasem. 

5. Desa Krebet

Desa Krebet adalah salah satu desa wisata yang ada di Yogyakarta. Desa ini terletak di Kabupaten Bantul, sehingga cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Anda bisa mengunjungi desa ini juga mencari produk-produk batik non kain, misalnya topeng batik, gelang batik atau sandal batik.  Desa ini mengusung tema sebagai sentra kerajinan kayu batik.

Mayoritas produk-produk itu dibuat dari kayu sengon, pule, dan mahoni. Salah satu keunggulannya dibandingkan membeli di toko adalah Anda bisa membuat proses pembuatannya.

Untuk Informasi tambahan, Inilah Lokasi Berbelanja Batik di jogja

6. Sentra Kerajinan Batik Giriloyo. Dusun Giriloyo merupakan sentra kerajinan dan produksi batik tulis yang ada di   Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

7. Batik Danar Hadi, Jalan Malioboro No 25 Yogyakarta.

8. Batik Soga, Jalan Adi Sucipto Km 6 No 14 Bantulan Depok Sleman Yogyakarta.

9. Saptohoedojo Art Gallery, Jalan Laksda Adi Sucipto Km 9 Yogyakarta

10. Butik Batik Paradise. Alamat : JAlan Purbayan 24 Kotagede Yogyakarta.

11. Tribuana batik. Alamat : Karangkajen III/727 Yogyakarta.

12. Batik Plentong. Alamat : Jalan Tirtodipuran Yogyakarta

13. APIP’S Kerajinan Batik. Alamat : Jalan Pandega Marta 37A Pogung Yogyakarta 55284 Telp. 0274.589914

14. Mataram Rumah Batik, Jalan Malioboro 67 Yogyakarta

15. Sogan Batik, Jalan Palagan Tentara Pelajar Km 10 Rejodani RT 01 RW 01 Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta.

16. Batik Huza. Alamat : Jalan Kaliurang Km. 9,3 No.4 Yogyakarta 

17. Batik Genthong, Jalan Rotowijayan 20A Yogyakarta

18. Batik Rosso, jalan Wonosari Km7 Wiyoro Kidul gang Flamboyan I Yogyakarta

19. Gee batik, Jalan Tunjung  No 8 Baciro Yogyakarta

20. Batik Mangkoro, jalan Malioboro No 163 Yogyakarta

21. Batik Lereng Merapi, Jalan Parangtritis Km 4 Perwita Regency, Arwana Yogyakarta.

22. Ragam Kriya, Jalan KH Ahmad Dahlan No 73 Yogyakarta

Itulah setidaknya tiga tempat belanja batik ternama di Kota Jogja. Manakah yang terbaik, semuanya diserahkan kepada pembeli. Kalau memilih belanja di Pasar Beringharjo, pastikan datang sebelum jam empat sore. Karena jam operasional di pasar ini memang hanya sampai sore hari saja. Tapi kalau datang setelah jam tersebut, bisa berburu batik berkualitas di Mirota Batik dan Sepanjang Jalan Malioboro yang biasanya beroperasi sampai jam 9 malam.

INCOMING SEARCH TERMS:
baju batik, batik, model baju batik, batik online, model batik, batik murah, model baju batik wanita, grosir batik, batik jogja, baju batik modern, baju batik wanita, model baju batik terbaru, baju batik murah, jual batik, baju batik online, batik modern, batik solo, model baju batik modern, model batik terbaru, kain batik, grosir batik murah, model batik modern, kain batik murah, grosir baju batik, batik sarimbit, jual baju batik, model baju batik kerja, model baju batik kantor, jual batik online, desain baju batik, batik jogja dan penjelasanny, motif batik jogj, sejarah batik jogja, batik jogja online, kain batik jogja, batik jogja Wikipedia, ciri khas batik jogja, batik air jogja, baju batik jogja, batik jogja dan penjelasannya, motif batik jogja, batik jogja online, kain batik jogja, batik jogja Wikipedia, sejarah batik jogja, ciri khas batik jogja


0 komentar:

Post a Comment

 
Top