oleh-oleh khas jogja
Bicara tentang Yogyakarta, pasti banyak sekali ungkapan dan julukan untuk kota istimewa yang satu ini. Jogja menawarkan berbagai macam wisata, baik dari wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner, dan masih banyak wisata yang lainnya. Memang berjalan-jalan di kota Yogyakarta sangat menyenangkan. Dari mengunjungi berbagai tempat wisata menarik, sampai memuaskan lidah dan perut dalam wisata kuliner Jogja. 

Yogyakarta juga mampu memenuhi keinginan Anda yang satu ini: belanja! Ya, Anda tidak perlu berburu hal mahal di mal di kota besar untuk menemukan pengalaman berbelanja yang tidak ditemukan di kota lainnya. Jogja menawarkan segala hal, mulai dari kerajinan untuk pakaian berkualitas tinggi dengan jahitan rapi yang bisa Anda bawa pulang di bawah harga Rp. 100.000.

Nah, apabila Anda sudah puas mengelilingi Kota Jogja, mengunjungi tempat-tempat wisatanya, dan juga mencicipi kuliner khasnya, maka belum lengkap jika Anda tidak membawa oleh-oleh khas Jogja untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan tentang Kota Jogja, ataupun untuk dibagikan kepada sanak keluarga serta teman-teman Anda. 


Mana aja sih area di jogja yang menjadi surga hangat bagi para penggemar wisata belanja? nah saya akan tunjukkan dulu nih, apa saja oleh-oleh khas jogja yang paling top untuk dibawa pulang, simak ya 11 oleh-oleh khas Jogja yang bisa mengingatkan kembali tentang Yogyakarta saat Anda telah tiba di rumah nanti:

1.     Bakpia pathok
Siapa yang tidak kenal bakpia. Kue kecil ini pada awalnya dibuat dari kacang hijau saja, tetapi sekarang telah tersedia dalam berbagai varian rasa. Daerah penghasil bakpia terbesar di jogja adalah Patuk, sekitar 1 KM selatan Jalan Malioboro.

2.    Gudeg
Gudeg telah menjadi bagian dari keistimewaan Yogyakarta. Kuliner jogja dari nangka muda yang dimasak dengan santan ini dibagi menjadi 2 macam, yaitu gudeg kering dan gudeg basah. Gudeg kering lebih tahan lama sehingga cocok dibawa sebagai oleh-oleh. Inovasi terbaru sekarang ada gudeg kaleng yang bisa tahan selama 1 tahun.


3.   Yangko
Ini dia kue moci khas Yogyakarta. Yangko memang mirip sekali dengan kue moci, jajanan yang terbuat dari tepung beras ketan ini memiliki tekstur yang kenyal, berisi kacang cincang dan rasanya manis legit persis kue moci. Yangko memiliki penampilan yang sangat menarik, dengan bentuk kotak dan warna-warni cerah serta taburan tepung. Satu kotak yangko umumnya berisi 30 buah dengan rasa yang bervariasi.

4.    Geplak
Geplak adalah makanan khas Bantul yang terbuat dari parutan kelapa dan gula pasir atau gula jawa. Ada juga geplak yang dibuat dari waluh. Geplak yang memiliki rasa manis ini banyak ditemui di daerah Bantul, Yogykakarta.

5.    Cokelat Monggo
Tak perlu jauh-jauh ke Belgia untuk dapat merasakan sensasi nikmat coklat. Di Yogyakarta, Anda bisa menikmati coklat Yogyakarta dengan cita rasa Belgia, namanya Coklat Monggo.

Coklat Monggo diolah dari biji coklat pilihan yang didapat dari Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Pemilik Coklat Monggo ini merupakan pria berkebangsaan Belgia, sehingga ia tahu benar bagaimana cara meracik coklat yang tepat dan menghasilkan rasa yang nikmat khas coklat di negerinya.Oleh oleh Seni Khas Jogja


6.   Salak Pondoh
Keberadaan Gunung Merapi telah membuat tanah di sekitar daerah itu menjadi subur. Tak heran bila tanah di Magelang, Muntilan, dan Sleman sangat subur dan cocok untuk budidaya salak pondoh. Salak pondoh terkenal dengan rasanya yang manis segar. Di Kampung Gandung, Bangunkerto, Sleman terdapat agrowisata salak pondoh. Agrowisata seluas 27 ha memiliki perkebunan salak, lengkap dengan taman bermain anak, kolam renang, dan kolam pancing.

7.    Batik
Batik tak bisa dilepaskan begitu saja dari Yogyakarta. Batik juga selalu masuk dalam daftar oleh-oleh yang wajib dibeli oleh wisatawan yang datang ke kota ini. Batik tak hanya berupa kain dan pakaian. Kreatifitas warga Yogyakarta menjadikan batik dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, sebut saja tas, syal dan sandal.

Tempat yang bisa Anda kunjungi untuk berburu batik tentu saja kawasan Jalan Malioboro dan Pasar Beringharjo. Selain dua tempat populer ini, Anda bisa mengunjungi Desa Karebet yang merupakan desa wisata penghasil kerajinan batik.


8.   Blangkon
Blangkon dikenal dalam tradisi Jawa sebagai penutup kepala yang dibuat dari batik dan digunakan oleh kaum pria.

9.    Kaos dagadu
Satu lagi yang wajib Anda bawa pulang dari Yogyakarta adalah kaos Dagadu. Kaos ini identik dengan plesetan lucu khas Yogyakarta yang dijamin akan membuat Anda tertawa. Dagadu sendiri berasal dari bahasa Walikan atau bahasa gaul Yogyakarta, yang berarti ‘matamu’. Hal ini semakin jelas terlihat di logo kaos yang berbentuk sebuah mata.

10.    Gerabah Kasongan
Kasongan adalah salah satu daerah tujuan wisata di Kecamatan Bantul, Pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, kurang lebih 7 km dari pusat kota Jogja. Desa Kasongan ini menjadi pemukiman para kundi. Kundi adalah sebutan untuk orang yang membuat gerabah dan keramik. Gerabah hasil kerajinan Kasongan umumnya berbentuk guci dengan berbagai motif , pot berbagai ukuran, hiasan keramik, patung-patung kecil, pigura, perabotan dari bambu, dan juga topeng. Hasil kerajinan Desa Wisata Kasongan berkualitas tinggi sehingga kerap diekspor ke Eropa dan Amerika.Di Desa Wisata Kasongan Anda juga dapat melihat proses pembuatan gerabah mulai dari pembentukan tanah liat, pembakaran, hingga pewarnaan,

11.    Kerajinan Perak
Kotagede dikenal sebagai pusat kerajinan perak di Yogyakarta. Disana terdapat banyak showroom yang menjual beragam kerajinan perak yang unik.

==========Info Penting =========
Harmoni rent car | Solusi kenyamanan perjalanan anda
info & reservasi Telp/SMS 0897-7855-028 | WA 0812-6727-5773 | Pin BB 5840338F

INCOMING SEARCH TERMS:

oleh-oleh khas jogja, oleh oleh jogja, kuliner jogja, oleh2 khas jogja, bakpia pathok, bakpia, wisata kuliner jogja, makanan khas jogja, kuliner di jogja, wisata kuliner di jogja, bakpia jogja, bakpia pathok 25, kuliner khas jogja, khas jogja, kaos khas jogja, makanan enak di jogja, batik khas jogja, bakpia pathok 75, baju khas jogja, jajanan khas jogja, oleh2 jogja, souvenir khas jogja, souvenir khas jogja, oleh-oleh makanan khas jogja, oleh oleh khas jogja online, oleh-oleh khas jogja yang unik, makanan khas jogja, oleh oleh barang khas jogja, oleh oleh jogja unik, oleh oleh jogja buat pacar, oleh oleh makanan jogja, oleh oleh jogja selain bakpia, oleh oleh jogja murah, oleh oleh jogja online, souvenir jogja, oleholeh jogja

0 komentar:

Post a Comment

 
Top