jogja adalah provinsi yang mempunyai ciri khas tersendiri dari provinsi lainnya di Indonesia yaitu sistem pemerintahan yang berbentuk kesultanan, lain daripada itu, yogyakarta juga mempunyai kemampuan dan keistimewaan tersendiri di bidang pariwisata. sehingga para traveler banyak berdatangan baik lokal maupun mancanegara. Banyak turis terpesona dengan jogja karena kotanya sederhana, berbudaya  dan penduduknya yang ramah. Selain itu, yogyakrta juga menjadi kota favorit karena hampir semua bidang wisata ada di sini, mulai dari wisata alam jogja, wisata sejarah jogja, wisata seni dan tradisi, wisata kuliner, pendidikan dan belanja. Mulai dari wisata elite ala koper sampai wisata tas punggung ala backpacker, Inilah menjadikan Jogjakarta menjadi tujuan wisata paling banyak  didatangi kedua Setelah Bali.

Oleh karena itu,  tempat wisata jogja selalu menjadi primadona wisatawan, terutama tempat wisata gratis yang paling disukai backpacker saat berlibur. untuk mempermudah para turis, kami akan mereview beberapa tips tentang wisata Jogja backpacker. Kami juga akan memberikan rute cara menuju lokasi wisata selama anda berlibur  di kota jogja dan gambaran estimasi biaya traveling di Jogja, ini akan tergantung dengan pilihan anda dalam memilih tempat penginapan, kuliner, belanja oleh-oleh dan aktifitas anda selama berada di kota gudeg ini. Berikut informasi backpakeran murah di Jogja, dengan menghemat beberapa item pengeluaran:

I. Transportasi Selama di Jogjakarta

Tips liburan di Jogja yang hemat pertama adalah masalah transportasi. Transportasi selama mengunjungi tempat wisata di Jogja perlu di perhitungkan, demi menghemat biaya liburan di kota Gudeg ini, seperti misalnya untuk menuju tempat rekreasi yang akan kita kunjungi dan lokasinya jauh, kita bisa menyewa mobil beserta driver, jadi kita tidak kelelahan selama perjalanan.Sedangkan untuk tempat rekreasi di Jogja yang tidak begitu jauh kita bisa menyewa motor saja, oleh sebab itu kita memetakan terlebih dahulu lokasi rekreasi di Yogyakarta yang akan kita datangi.Hal ini untuk menghemat biaya transport selama di kota romantis ini.

Seperti misalnya hari pertama kita akan jalan-jalan di dalam kota kita bisa menyewa motor sehari sekitar 50 ribu, hari kedua kita akan mengeksplore pantai pasir putih di Gunungkidul kita bisa menyewa mobil include driver ( Anda bisa menghubungi jasa transportasi  harmoni transport 0812-6727-5773 dengan bung rian).

Kita bisa saja naik motor ke Gunungkidul asalkan berhati-hati, karena jalan menuju ke beberapa tempat rekreasi seperti Tegalarum Adventure Park maupun pantai pasir putihnya lumayan padat, jika mendekati pantai badan jalan tidak begitu besar, berliku dan naik turun.Untuk bepergian di sekitaran kota Yogyakarta, kita bisa mengunakan Bus Trans Jogja ( di bandara Adisucipto terdapat shuttle Bus Trans Yogya ).

II. Tempat Wisata Jogja

Untuk menikmati liburan ke tempat wisata Jogja dengan asyik, alangkah baiknya apabila anda merencanakan jauh-jauh hari tempat wisata yang ingin anda kunjungi. Setelah itu anda bisa mengelompokan tempat wisata jogja tersebut berdasarkan letak dan  daerahnya, Karena lokasi wisata jogja tidak hanya di pusat kota saja tapi juga tersebar dipelosok-pelosok desa dan pesisir pantai selatan. sehingga lebih efisien dan hemat biaya untuk transportasinya.

1. Gumuk Pasir Parangkusumo
Para penggemar lagu-lagu dari Agnes Monica dan selalu mengikuti video klipnya tentu tak asing lagi dengan tempat ini, Gumuk Pasir Parangkusumo, Bantul, Yogyakarta. Tak hanya Agnez Monica, Gumuk Pasir Parangkusumo ini juga kerap dijadikan lokasi pengambilan foto prewedding maupun foto konsep dengan model profesional. Tentu bukan tanpa alasan mengapa tempat ini diminati banyak orang. Gumuk Pasir Parangkusumo ini unik, berupa gunungan pasir alami yang luas seperti padang gurun. Konon, hanya ada dua di dunia fenomena alam seperti ini yaitu di Bantul, Yogyakarta dan Meksiko. Tak usah ragu lagi untuk menuju lokasi ini karena cukup parkir saja, kamu dapat menikmati fenomena alam yang langka ini.

Cara menuju ke Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo
Yogyakarta - Jl. Parangtritis - pertigaan sebelum TPR ke kanan - pertigaan Pantai Depok ke kiri - kanan jalan parkiran gumuk pasir

2. Hutan Pinus Imogiri
Hutan Pinus Imogiri ini terkenal keindahannya dan keunikannya sehingga tidak jarang hutan pinus ini dijadikan tempat untuk foto hunting suatu brand, sampai pernah dipakai untuk syuting film layar lebar atau FTV oleh beberapa stasiun TV nasional. Di hutan pinus ini kegiatan yang bisa kita lakukan selain berfoto ria kita juga bisa mendirikan tenda untuk bercamping bersama keluarga pasangan maupun teman. Hutan pinus imogiri ini akan terlihat sangat memukau apabila kita berkunjung pada pagi hari. Kita bisa merasakan hawa segar hutan yang masih tertutup kabut tetapi di sela-sela kanopi pohon terpancar sinar matahari yang menembus sampai ke dasar tanah. Harga masuk Destinasi wisata ini gratis karena memang belum ada loket masuknya. Kita hanya dikenai biaya parkir kendaraan

Cara menuju lokasi Hutan Pinus Imogiri
Yogyakarta - Jl. Imogiri Timur - Imogiri - pertigaan Imogiri ambil kiri ke arah Makam Raja-raja Imogiri - pertigaan ke kanan, ambil arah Mangunan - pertigaan Mangunan ke kiri, ambil arah hutan pinus - hutan pinus

3. Candi Sambisari
Jogja identik dengan bangunan-bangunan candi. Sebut saja yang paling terkenal, Candi Prambanan. Namun jangan salah, ternyata Jogja masih memiliki candi-candi lain yang tak kalah eloknya dengan Candi Prambanan, salah satunya adalah Candi Sambisari. Candi yang berada di wilayah Kecamatan Kalasan ini bisa dibilang sedikit berbeda dari candi lainnya karena letaknya berada sekitar 7 meter di bawah permukaan tanah. Sehingga candi ini tak tampak dari kejauhan.

Cara menuju ke lokasi Candi Sambisari
Yogyakarta - Jl. Solo - pertigaan setelah melewati Akademi Angkatan Udara Yogyakarta ambil kiri - lurus - Candi sambisari

4. Pantai Ngobaran
Pantai Ngobaran menawarkan sebuah keindahan dalam pluralisme lingkungannya. Ombak-ombak nan ramah memberikan kesejukan bagi rumput-rumput laut (alba) yang bersemayam di sana. Seperti Wisata Gunungkidul lainnya, Pantai yang berada di pesisir selatan Jogja ini memang unik, lain dari pada yang lain. Kamu bisa menikmati suasana indahnya pantai dengan latar bangunan pura, rumah joglo dan patung-patung dewa di sekelilingnya. Ditambah dengan kokohnya tebing tepi pantai membuat tempat ini begitu memukau setiap pengunjung.

Cara menuju ke lokasi Pantai Ngobaran
Yogyakarta - Jl. Wonosari - Pathuk - Pertigaan Gading (lapangan terbang) ke kanan - Playen - Paliyan - Trowono - Kanigoro - Pantai Ngobaran

5. Air terjun Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo
Berwisata ke Jogja dengan mengunjungi Air Terjun Sidoharjo yang merupakan air terjun tertinggi di Jogja ini tentu menjadi tantangan menarik. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan asri. Kesegaran air terjun yang alami seakan-akan membuat energi pulih kembali setelah menempuh perjalanan jauh. Untuk menuju lokasi, kita harus berjalan sekitar 10 menit dari tempat parkir melalui perkebunan yang cukup lebat.

Cara menuju ke sana:
Yogyakarta - Jl. Godean - jembatan Sungai Progo - perempatan Jl. Kenteng-Nanggulan, ke kanan - perempatan Pasar Dekso, ke kiri - Samigaluh - pertigaan papan petunjuk arah ke MTSN Sidoharjo, ke kanan - setelah sampai MTSN Sidoharjo, ke kiri-kiri - lurus sampai tempat parkir Air Terjun Sidoharjo

6. Pantai Pok Tunggal
Pantai Pok Tunggal adalah salah satu pantai eksotis di Gunungkidul yang sayang jika dilewatkan. Berbeda dengan Pantai Ngobaran yang menonjolkan sisi budaya dan religinya, di Pantai Pok Tunggal ini kamu akan menemukan suasana pantai yang alami dan sejuk. Hamparan pasir yang luas dan landai dengan sebuah pohon pok yang berdiri sebagai ikonnya membuat siapa saja betah berada di sini. Untuk menutup hari, kamu juga bisa menikmati eloknya senja, ketika sang matahari kembali ke peraduan.

rute pantai pok tunggal
Yogyakarta - Jl. Wonosari - Pathuk - Pertigaan Gading(lapangan terbang) lurus - Wonosari - Jl. Saptosari - Tepus - Pok Tunggal

7. Bukit Parang Endog
Tak jauh dari Gumuk Pasir Parangkusumo terdapat tempat yang juga sayang bila dilewatkan ketika berwisata di Jogja. Bukit Parang Endog, namanya memang masih cukup asing, namun jangan salah, tempat ini menawarkan keindahan yang tiada tara. Dari bukit ini, kamu bisa menikmati Pantai Parangtritis dengan cara berbeda, yakni dari ketinggian sekitar 300 meter. Menikmati sunset di Bukit Parang Endog setelah seharian berwisata keliling Jogja tentu akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Cara menuju ke lokasi Bukit Parang Endog
Yogyakarta - Jl. Parangtritis - pertigaan sebelum TPR ke kanan - pertigaan Pantai Depok ke kiri - Parangkusumo - pertigaan Jl. Parangtritis ke kanan - ikuti jalan naik ke bukit - pertigaan di atas bukit ke kanan - parkiran Bukit Parang Endog

8. bukit bintang Jogja
Bukit Bintang merupakan salah satu lokasi nongkrong favorit di Yogyakarta. Terletak di perbatasan Bantul dan Gunungkidul, siapa pun yang berkunjung ke kawasan ini dapat menikmati taburan gemintang di langit malam serta kerlip benderang lampu kota dari ketinggian. Jika Bandung punya kawasan Bukit Moko dan Semarang punya Bukit Gombel sebagai tempat menghabiskan malam sembari menikmati taburan bintang dan kerlip lampu kota, Yogyakarta pun tak mau kalah. Kota ini memiliki Bukit Bintang yang selalu ramai dipadati kawula muda untuk menikmati keindahan malam. Terletak di kawasan Patuk, Bukit Bintang menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati senja hingga malam tiba.

Cara menuju ke sana / bukit bintang jogja map:
Yogyakarta - Jl. Wonosari - Pathuk

9. Malioboro
Sebuah kawasan di kota Jogjakarta yang sudah sangat terkenal di kalangan traveler. Malioboro terkenal akan pedagang kaki lima yang menjajakan soevenir khas Yogya dan warung lesehan di malam hari serta musisi jalanan yang tak jemu-jemu menghibur pengunjung warung-warung lesehan. Selain musisi jalanan, di Malioboro juga dijadikan tempat berkumpulnya para seniman seperti seni lukis, pantomim dan lain-lain. Malioboro selalu ramai dikunjungi. Di hari terakhir liburan, berburu buah tangan khas Jogja untuk keluarga dan kerabat di rumah dapat menjadi pilihan. Ada banyak kaos, batik, pernak-pernik, blangkon, gantungan kunci, miniatur dan sebagainya. Tak perlu takut kantong jebol ketika belanja di sini karena harga-harganya cukup miring dan bisa ditawar.

10. Alun-alun Kidul
Ada mitos masyarakat lokal khususnya jogja bahwa barang siapa yang melewati tengah dari pohon beringin kembar di alun - alun kidul jogja ini dengan mata tertutup pasti semua keinginannya akan cepat tercapai. Dan dari sekian banyak wisatawan yang mencobanya jarang ada yang bisa berhasil dan melewatinya. Banyaknya pengunjung yang datang ke alun - alun kidul selain ingin membuktikan kebenaran mitos tersebut, Juga karena tempat ini memang sangat indah untuk dinikmati apa lagi bila di malam hari. Disini anda bisa berjalan - jalan berkeliling menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga anda atau kalau ingin berkeliling lebih jauh anda bisa juga menyewa sepeda gowes yang banyak tersedia di sekitar alun - alun kidul jogja ini. Banyak hal menarik yang di tawarkan di sini, mulai dari menikmati wedang ronde yang membunuh dingin, naik odong-odong mengelilingi alun-alun Dijamin, malammu akan semakin istimewa.

11. Tugu Jogja
Tugu Jogja merupakan landmark Kota Yogyakarta yang paling terkenal. Monumen ini berada tepat di tengah perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro. Tugu Jogja yang berusia hampir 3 abad memiliki makna yang dalam sekaligus menyimpan beberapa rekaman sejarah kota Yogyakarta, Tugu yang menjadi titik garis imajiner antara Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta dan Pantai Selatan ini merupakan salah satu landmark terbaik di Jogja. Mengabadikan momen di sini sambil mengenang liburan yang istimewa tentu tak akan terlupakan. Jogja memang istimewa, selalu membuat rindu, dan suatu saat kamu pasti akan kembali ke sini. untuk informasi tempat wisata jogja yang wajib di kunjungi silahkan kunjungi : Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

III. Penginapan Di Jogja

Banyak sekali penginapan di Jogja, mulai dari kelas resort dan hotel yang mahal sampai yang murah pun banyak. Untuk para backpacker, biasanya banyak sekali penginapan-penginapan yang harganya dibawah Rp 200.000. Daerah pertama yang terdapat banyak penginapan murah yaitu di Jl. Sosrowijayan. Jalan ini terdapat di sebelah Jl. Malioboro, selain harganya yang murah, lokasi yang dekat dengan pusat keramaian menjadi daerah ini sering dijadikan wisatawan untuk menginap. Bahkan banyak homestay disini yang harganya dibawah Rp 100.000, tergantung negosiasi dan fasilitas yang disediakan juga.

Daerah kedua yaitu Jl. Prawirotaman. Daerah ini masih agak langka di telinga wisatawan Indonesia karena memang daerah ini lebih sering didatangi oleh wisatawan asing. Banyak penginapan-penginapan murah disini mulai dari Rp 100.000 per malam. Lokasi Jl. Prawirotaman ini lokasinya lebih dekat dengan Stasiun Lempuyangan dan daerahnya relatif lebih sepi daripada Jl. Sosrowijayan. Banyak bar dan resto-resto unik juga di sepanjang jalan ini.

IV. Kisaran Biaya Liburan di Jogja

Berikut estimasi biaya liburan di Jogja selama 3 hari :
  1. Biaya losmen selama 2 malam : 180 ribu ( Hostel per malam 90ribu di Edu Hostel )
  2. Biaya transport selama 3 hari : 140 ribu ( Biaya sewa motor per hari 50 ribu, 2 kali 24 jam di kali 50 ribu dan sisanya untuk bensin )
  3. Biaya makan selama 3 hari : 210 ribu ( Jika sekali makan 30 ribu di kali 7 )
  4. Biaya tiket obyek wisata di Yogyakarta : 150 ribu ( Biaya untuk masuk obyek rekreasi Yogyakarta dan parkir, seperti tiket di Candi Borobudur 35 ribu per orang, masuk kawasan pantai di Gunungkidul habis sekitar 25 ribu per orang )

Perkiraan biaya untuk tips liburan di Jogja selama 3 hari 2 malam sekitar 700 ribu per orang.Biaya tergantung pilihan transportasi kita, penginapan dan makan.

Itulah panduan wisata di Yogyakarta, bagaimana? Sudah siap untuk liburan murah di Jogja? Semoga informasi cara liburan murah di Jogja diatas dapat sebagai referensi teman-teman yang akan mengunjungi kota Yogyakarta.Selamat berlibur ya.

INCOMING SEARCH TERMS:
backpacker jogja 2015, backpacker ke jogja dari Jakarta, backpacker ke jogja sama pacar, backpacker ke jogja dari jakarta 2015, backpacker ke jogja dari bandung, pengalaman backpacker ke jogja, backpacker jogja kaskus, rute backpacker jogja, gumuk pasir parangtritis, sandboarding di gumuk pasir parangkusumo, gumuk pasir Wikipedia, gumuk pasir parangkusumo bantul, proses terbentuknya gumuk pasir parangtritis, jalan ke gumuk pasir parangtritis, gumuk pasir di dunia, gumuk pasir parangkusumo pdf, rute hutan pinus imogiri, rute hutan pinus imogiri bantul, hutan pinus sentul, kebun buah mangunan imogiri, rute hutan pinus imogiri dari klaten, hutan pinus imogiri maps, hutan pinus magelang, alamat hutan pinus mangunan, jalan menuju parang endog, pantai parang endog gunung kidul, rute ke parang endog, lokasi pantai parang endog, rute bukit parang endog, rute pantai parang endog, watu meja parang endog, jalan ke bukit parang endog, air terjun sidoharjo di kulon progo, air terjun sidoharjo kulonprogo, air terjun kedung pedut, air terjun kulon progo, air terjun curug setawing kulon progo, air terjun kedung pedut jatimulyo, girimulyo, air terjun kembang soka, air terjun watu jonggol kulon progo, rute pantai pok tunggal, pantai indrayanti gunung kidul harus ditutup, wisata malam jogja, wisata jogja, hotel di bukit bintang jogja, gumuk pasir jogja, bukit bintang jogja map, harga makanan di bukit bintang jogja, bukit cinta jogja, candi sari, sejarah candi sambisari, gambar candi sambisari, letak candi sambisari, tugu jogja vector, tugu jogja yahudi, another tugu jogja, image tugu jogja, sejarah tugu jogja, lokasi tugu jogja, tugu jogja disiram cat, tugu jogja wikipedia
This is the most recent post.